Cara Praktis Memperbaiki Lampu Hemat Energi

Cara Praktis Memperbaiki Lampu Hemat Energi - Setelah munculnya lampu tabung dengan neon, pabrik lampu mulai mengembangkan jenis lampu lain yang lebih hemat dan efisien, misalnya lampu LED, dan fluorecent lamp. Fluorecent lamp yaitu salah satu jenis lampu yang hemat energi dengan memanfaatkan fungsi tabung gas pendar.

Kelebihan lampu ini adalah bentuknya yang relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan lampu tabung klasik yang menggunakan starter ballast. Lampu hemat energi ini juga lebih ringan karena tanpa starter ballast yang berat dan hanya dibuat dengan rangkaian elektronik yang simpel.

Lampu hemat energi ini terdiri dari 2 komponen utama yaitu rangkaian oscilator dan starter elektronik pada PCB (Printed Circuit Board) kecil dan tabung gas neon. Biasanya jika terjadi kerusakan atau lampu tidak menyala, yang rusak adalah salah satu dari 2 komponen utama tersebut. Jarang sekali keduanya rusak secara bersamaan. Maka untuk memperbaikinya kita cukup mengganti salah satu komponen yang rusak tadi.

Cara Praktis Memperbaiki Lampu Hemat Energi - Jika yang rusak adalah tabung neonnya maka kita tinggal menggantinya dengan tabung yang baru dengan daya yang sesuai. Jika sulit mendapatkan tabung neon baru yang sesuai kita bisa memakai tabung bekas yang masih berfungsi dari lampu rusak yang lain. Ganti tabung yang rusak dengan cara melepas kawat/kakinya (ada 4 kawat) dan mengganti dengan tabung yang masih berfungsi.

Memperbaiki Lampu Hemat Energi jika yang rusak adalah rangkaiannya maka kita harus mengecek satu persatu komponen-komponen di dalamnya. Lihat dahulu seluruh komponennya. Kerusakan pada komponen biasanya dapat diketahui dengan melihat fisiknya. Mungkin ada salah satu komponen yang terbakar, ditandai dengan bentuknya yang berubah (membengkak, terbelah, atau pecah). Jika secara fisik sudah terlihat mencurigakan, segera lepaskan komponen tersebut dan cek dengan multimeter atau avometer.

Cara Praktis Memperbaiki Lampu Hemat Energi - Cara yang paling sederhana untuk memperbaiki lampu hemat energi jika yang rusak adalah rangkaian elektroniknya yaitu dengan mengganti seluruh blok rangkaiannya dengan blok yang masih berfungsi dari lampu rusak lain. Oleh karena itu simpanlah lampu hemat energi Anda yang telah rusak. Mungkin suatu saat ada bagian yang bisa digunakan untuk mengganti Lampu hemat energi yang rusak tetapi dengan kerusakan yang berbeda.

Barang yang mungkin anda butuhkan: Fitting Lampu Otomatis dengan Sensor Cahaya, Remote Brite Light, Lampu LED Bulb SiHemat

Terkait tentang Elektronik :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls