Cara memperbaiki Power Supply sendiri

Apakah anda pernah mengalami masalah kerusakan pada power supply? Apa sih power Supply itu? Power Supply atau PSU (Power Supply Unit) adalah rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai penyedia tenaga listrik atau catu daya bagi perangkat listrik atau elektronik. O ya, power supply juga ada yang otomatis juga lho. Kita biasa menyebutnya dengan UPS (Un-interupted Power Supply) yaitu jenis rangkaian catu daya listrik yang akan memberikan dayanya kepada rangkaian listrik atau elektronik saat sumber listrik atau daya utamanya mati atau terputus.

Sedikit kita bahas juga UPS. Biasanya UPS dipasang pada peralatan yang dituntut untuk selalu hidup secara terus menerus (full time) dan tidak boleh mati. Selain itu juga pada peralatan yang sangat sensitif, mudah rusak, atau terganggu dengan pemadaman atau pemutusan listrik secara mendadak seperti komputer.

Kembali ke "memperbaiki PSU atau Power Supply Unit". Yang perlu kita lakukan pertama adalah mengenali tanda-tanda umum jika sebuah power supply tidak berfungsi, kemudian menganalisa pada bagian-bagian atau komponen yang tidak berfungsi dengan baik, baru dilanjutkan dengan melakukan penggantian dan penyelesian perbaikan, dan terakhir melakukan tes hasil perbaikan.

Saat memperbaiki Power Supply atau Catu Daya kita harus berhati-hati melakukannya. Hindari memperbaikinya dalam keadaan hidup kecuali saat pengetesan atau pengukuran tegangan pada rangkaian.

Kerusakan yang sering terjadi pada power supply dan cara mudah mengatasinya antara lain:
1. Koneksi atau sambungan kabel yang tidak baik - Jika indikator atau kipas pada power supply masih menyala tetapi komputer atau peralatan kitatetap tidak menyala biasanya ada masalah dengan sambungan kabelnya. Periksa jika ada sambungan yang kurang baik segera perbaiki atau ganti kabelnya.

2. Kerusakan Rangkaian Power Supply sendiri - Kerusakan pada rangkaian PSU sendiri biasanya seperti: dioda penyearah atau sekering putus sehingga daya hilang sama sekali, resistor mengalami perubahan nilai, putus atau malah menjadi sirkuit hubung singkat, transistor putus atau malah hubung singkat, kapasitor menjadi kering sehingga tegangan tidak stabil atau drop, kapasitor meledak karena lonjakan tegangan yang disebabkan kerusakan komponen lain, IC regulator putus atau rusak, koneksi kaki komponen melalui hasil solderan jelek sehingga aliran listrik menjadi macet.

Periksa semua bagian pada rangkaian! Jika mencurigai bentuk komponen tidak semestinya atau rusak segera periksa dan ganti jika ternyata komponen tersebut rusak.

Setelah yakin masalah kerusakan teratasi, coba nyalakan power supply, test tegangan out-put dengan multimeter. Jika power supply bekerja dengan baik baru kita sambungkan dengan peralatan kita. Jangan langsung mencoba hasil perbaikan Power Supply pada komputer atau peralatan lain sebelum yakin Power Supply bekerja dengan baik sebab dapat merusaknya.

Peralatan terkait elektronika: AVO meter atau multimeter, Antena Yagi Penguat Sinyal, Jam Tangan Speedo Meter, Fish Finder Deteksi keberadaan Ikan
mengenali tanda-tanda umum jika sebuah power supply tidak berfungsi, menganalisa pada bagian-bagian atau komponen yang tidak berfungsi dengan baik dan baru dilanjutkan dengan melakukan penggantian dan penyelesian perbaikan dan terakhir melakukan tes hasil perbaikan. - See more at: http://ebookteknisikomputerpdf.blogspot.com/2013/10/cara-memperbaiki-power-supply.html#sthash.cPjMqzQb.dpuf

Terkait tentang Elektronik :

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls