Membuat Mekanik Robot sistem Roda Sederhana

Bagi kita yang masih awam tentang robot, biasanya mengalami kesulitan saat mencoba membuat robot, mekipun yang kita buat adalah robot sederhana. Terutama saat kita sampai pada pembuatan mekanik atau penggerak robot tersebut. Seperti pengalaman saya saat membuat mekanik robot ini, untuk mendapatkan gear box standar untuk robot sederhana di tempat saya sangat sulit sekali. Oleh karena itu karena percobaan saya telah berhasil dan semoga bisa membantu sobat yang kesulitan seperti saya dulu, kali ini saya akan mencoba berbagi sedikit pengalaman pembuatan mekanik robot sederhana.

Mekanik yang akan kita buat di sini adalah jenis mekanik sistem roda. Jadi hanya bisa diaplikasikan untuk robot yang bergerak menggunakan roda. Sebagai contoh adalah line follower, pemadam api, robot sensor jarak, dan jenis robot sederhana lainnya yang berjalan dengan roda. Kalau dalam praktek ini digunakan untuk robot dengan sensor jarak atau halangan memakai sistem pantulan cahaya Infra Merah.

Oke langsung saja ke mekanik robotnya. Di sini saya menggunakan mekanik dari gear box mainan mobil anak-anak. Untuk bisa digunakan dengan motor, maka kita terlebih dahulu harus merubah rangkaian gearbox dan menambahkan sedikit komponen di dalamnya. Sebagai garis besarnya, mekanik robot sederhana ini hanya dibuat dari gearbox mobil mainan anak-anak dan motor dari "joystick getar" seperti gambar di bawah ini:

Mekanik robot sistim roda
Mekanik robot sistim roda
Gambar di atas adalah sebuah motor dari Joystick getar yang telah di tambah dengan karet dari "kapstand mekanik tape kaset pita". Motor yang masih belum dimodifikasi seperti gambar di bawah ini:
Gambar di bawah adalah modifikasi dari gearbox mainan mobil anak-anak. Kita membutuhkan 2 buah gearbox untuk membuat mekanik robot ini. Yang mana kedua gearbox itu digabungkan menjadi satu antara sisi kanan dan kiri (untuk roda kanan dan kiri masing-masing 1 buah gear box).

Gambar di bawah ini adalah pemasangan motor pada gear box. Kita hanya menggunakan lem bakar yang untuk menyatukannya. Sobat bisa memperkuatnya dengan lem yang lain yang lebih kuat untuk metal atau plastik.
Untuk menghubungkan antara As motor dengan rangkaian gearbox digunakan karet penghubung (karet gelang khusus untuk mekanik). Sobat bisa memakai "streng" pada mekanik tape pita kaset. Tetapi di sini saya tidak memakai "streng", melainkan hanya menggunakan "puly" yang saling dilekatkan (antara "puly" As motor dan "puly" yang telah ditambahkan pada rangkaian gearbox.
Gambar di atas dan di bawah adalah contoh pemasangan pada casing robot sederhana. Hampir semua pemasangan di sini saya memakai lem untuk melekatkan bagian-bagiannya. Intinya kita harus kreatif saat membuat mekanik ini. Sobat bisa memodifikasi penggeraknya dengan "streng" attau dengan sistem "puly" saja. Tergantung mana yang lebih mudah untuk sobat lakukan.
Untuk melihat hasil dari Mekanik robot sederhana ini sobat bisa menuju ke halaman: Robot sederhana (sensor jarak tanpa program)

Merakit Robot Edukasi
Merakit Robot Edukasi Anak 6 in 1
Merakit Robot Anak
Robot Rakitan Edukasi 3 in 1






Artikel Robotika:  
Robot Dua Roda | Roda Untuk Robot  | Sistem Roda Robot | Sistem Mekanik Robot | Tutorial membuat Robot Sederhana  | Cara-cara membuat robot sederhana | Rangkaian robot sederhana 

Terkait tentang Elektronik Teknologi :

2 komentar:

limpasdulu vlog said...

Good and very practical , use recycle item when there is no spare part available. That is what engineering is all about.

MARTIN SUGIARTO said...

wah mas tidak jelas mesin

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls